Total Tayangan Halaman

Sabtu, 29 Desember 2012

Audit Kepatuhan (compliance audit)

Pentingnya Compliance Audit

 Sebuah audit kepatuhan, didefinisikan sebagai audit yang melayani tujuan memastikan bahwa perusahaan memenuhi persyaratan dari badan luar, adalah hal yang lumrah di banyak industri. Setiap kali sebuah perusahaan harus memenuhi persyaratan perizinan bagi badan pemerintahan, baik pemerintah atau non-pemerintah, proses audit kepatuhan terjadi. Audit ini dilakukan baik personel internal ataupun eksternal.
Kepatuhan audit, dijelaskan sebagai metode untuk memenuhi persyaratan sertifikasi yang dibutuhkan pada sebuah bisnis, dan mempunyai manfaat untuk berbagai tujuan. Dalam satu contoh, pemerintah butuh mengaudit kepatuhan. Ini bisa meliputi kode kesehatan, keselamatan kerja, dan banyak lagi. Pemerintah membutuhkan bukti sertifikasi untuk membuktikan bahwa tempat bisnis memenuhi standar operasi yang ditetapkan. Pedoman audit kepatuhan (compliance audit) dapat menunjukan dan ikut merencanakan bagaimana seharusnya sebuah bisnis itu.

Untuk organisasi non-pemerintah, audit kepatuhan juga sama seperti biasa. Ini bertujuan untuk memperoleh sertifikasi yang telah diakui oleh kelompok jaringan, kelompok industri, organisasi pelanggan advokasi, dan banyak lagi. Sebagai contoh, biro bisnis yang lebih baik adalah yang telah memiliki proses sertifikasi untuk bisnis yang berkualitas. Perusahaan memerlukan suatu metodologi audit kepatuhan untuk memastikan bahwa mereka bisa menunjukan bisnis yang lebih baik dan bisa ditunjukkan dengan bersertifikat. Suatu contoh yang sekarang mendunia adalah standart mutu berdasarkan ISO 9001: dimana organisasi usaha ataupun non-usaha, baik pemerintah maupun swasta untuk mendapatkan pengakuan standart internasional harus mengiplimentasikan syarat-syarat yang dikeluarkan oleh badan ISO 9001. Sehingga untuk mendapakan sertifikat ISO perlu diadakan audit kepatuhan terhadap standart yang ditentukan, dan contoh lain standart yang bersertifikat oleh tingkat nasional adalah SNI. Pada dasarnya compliance audit tidak berbeda dengan audit standart mutu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar