Total Tayangan Laman

Minggu, 07 November 2010

Tubuh Kita



Benarkah saat marah kita tidak bisa mencerna makanan dengan baik??
Beberapa organ dan fungsinya dalam tubuh manusia dikendalikan oleh "Saraf Tak Sadar", misalnya denyut jantung, pernapasan, pencernaan, dan lain-lain. Ketika kita makan, lambung akan secara otomatis mengeluarkangetah lambung untuk mencerna makanan dan melalui usus kecil tubuh kita akan menyerap nutrisi. inilah fungsi dari saraf tak sadar.

Tapi jika kita sedang marah, gelisah, atau mengalami perasaan negatif lainnya, maka getah lambung akan sulit keluar secara normal. Keadaan inilahyang mengakibatkan terjadinya tukak lambung atau gangguan pencernaan. Jadi, ketika kita sedang makan, kita harus menjaga agar perasaan kita tenang. Dengan begitu tubuh kita akan dapat mencerna serta menyerap nutrisi yang masuk melalui makanan dengan baik.
Mengapa Perut kita berbunyi ketika lapar??
Suara yang dihasilkan perut ketika sedang kelaparan sebenarnya merupakan bunyi yang berasal dari lambung dan usus. Pada saat kita bernapas, terdapat udara yang tertelan ke dalam perut. Selain itu setelah selesai mencerna makan, usus juga menghasilkan gas.

Saat ini, yakni apabila makanan sudah selesai dicerna, perut masih terus bereaksi dan mengakibatkan otak besar menghasilkan perasaan lapar. gas-gas inilah yang berputar-putar di dalam perut dan mengeluarkan suara krucuk-krucuk!
Mengapa kita mabuk darat??
Saat menaiki mobil, kapal. pesawat, serta alat transportasi lainnya, sebagian orang akan merasakan mabuk darat, mabuk laut, bahkan mabuk udara. Misalnya merasa mual, ingin muntah, tidak selera makan, ingin segera tidur, keringat dingin, dan lain sebagainya. Namun, mabuk darat bukan merupakan suatu penyakit, lebih disebabkan oleh tubuh yang bergoyang-goyang tidak teratur.

Goyangan ini mengakibatkan pusat sistem keseimbangan tubuh yang ada di telinga bagian dalam tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik sehingga otak besar memberikan reaksi berupa kepala pening dan mata berkunang-kunang, serta beberapa gejala mabuk yang telah disebutkan di atas. Asalkan istirahat sebentar, kita akan merasa jauh lebih baik.
Mengapa kita menggoyangkan tangan ketika berjalan??
Saat sedang berjalan, tangan kita akan bergoyang ke depan dan ke belakang. Ini merupakan suatu insting, sama seperti anak kida yang baru lahir, meski tak diajari, bisa berlari sendiri. Bahkan anak kecil yang baru belajar berjalan pun akan menggoyangkan tangannya. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan tubuh ketika berjalan!
Mengapa kita Mengedipkan Mata??
Permukaan luar mata kita tertutup oleh lapisan air mata. Lapisan air mata ini tidak hanya berfungsi untuk melumasi bola mata, tapi juga untuk membersihkan debu ang masuk ke dalam mata. Mengedipkan mata dapat menyebabkan air mata di permukaan bola mata.

Orang pada umumnya mengedipkan mata 20 kali setiap menit. Namun, apabila kita menonton televisi atau main komputer dalam jangka waktu lama, kita akan kurang mengedipkan mata. Mata kita jadi kering dan terasa tidak nyaman. Jadi, bila kita sangat lama memakai kacamata, 50 menit sekali kita harus menutup mata untuk mengistirahatkannya.
Mengapa Kalau capek bisa Sariawan??
Bengkak pada selaput lendir di dalam mulut disebut sariawan. Penyebabnya adalah serangan virus atau kuman, kurang gizi, turunnya kekebalan tubuh, keteganga karena emosi, dan stres. Sariawan khususnya terjadi pada bagian selaput lendir di bibir dalam dan di ujung lidah. Bahkan bisa terjadi karena luka dalam yang disebabkan ujung sikat gigi. Karena itu, harus berhati- hati juga saat menyikat gigi.
Mengapa bisa mimisan bila terlalu Capek??
Bila tubuh lelah, hati menjadi panas. Panas ini terhantar ke bagian atas tubuh, sehingga mengeluarkan darah. Bila mimisan, jangan menekuk kepala ke belakang karena kamu bisa mati tercekik. Lebih baik miringkan tubuh di sandaran dan arahkan kepala ke depan. Lalu masukkan kapas ke dalam lubang hidung. Tekan keras bagian ujungnya dengan dua jari. Dalam 5-6 menit kemudian, darahnya akan berhenti. Bila tidak berhasil, pergilah ke dokter.


Sumber :
maling^senapan - www.kaskus.us

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar