Total Tayangan Halaman

Sabtu, 28 November 2009

TUGAS PENGANTAR KOMP. & TI 1C

K
omputer. Siapa yang tak mengenal kata atau benda ini. Mungkin hanya orang awam saja yang belum mengetahui seperti apa wujud benda ini. Setiap hari, hampir setiap orang ‘bercengkerama’ dengan benda ini. Termasuk saya. Ditilu dari fungsinya, jelas komputer memegang banyak fungsi. Kemajuan teknologi kini makin menghadirkan wajah baru dari sang komputer ini. Mulai dari generasi, sampai perkembangannya. Itu merupakan sedikit alasan dan sebab mengapa komputer berperan penting dalam kegiatan belajar-mengajar maupun dalam bidang pekerjaan. Kali ini yang akan saya bahas adalah dampak atau akibat yang ditimbulkan komputer bagi penggunanya (saya sendiri lho…! Hehheee…).
Sebagai permulaan, marilah kita tengok dahulu untuk apa saya menggunakan komputer. Tentunya tidak untuk saya makan ☺ (jayus). Yang saya ingat, semenjak saya memiliki komputer, hampir saya tak pernah abstain untuk selalu ‘bersenggama’ bersamanya (kecuali kalau lagi error ataupun super lola alias loading lama! Lemotnya terkadang bikin jengkel). Peran pentingnya untuk saya sendiri adalah untuk mengerjakan tugas. Mulai dari tugas sekolah, ataupun sekarang, tugas kuliah yang kian menumpuk dan harus terus ‘bertempur’ bersama komputer. Diluar mengerjakan tugas, di rumah, saya biasa menggunakannya hanya sekedar hiburan. Misalnya nyetel musik, nonton, main game , ataupun upload foto. Selain tugas, yang lebih banyak saya luangkan waktu saya untuk komputer di rumah adalah sebagai penyalur hobi saya. Terkadang ngegambar sesuka hati di Paint. Yang sering, buat cerpen ataupun novel saya yang tak pernah selesai sejak sekolah karena ‘kekejaman’ virus yang melanda file novel saya. Ditilik dari penggunaannya, saya rasa itu adalah hal positif. Saya jarang main game. Sebabnya, saya lebih memilih menyalurkan hobi. Namun, jika saya teropong lebih dalam, memang dibalik sifat positif tersebut, komputer memiliki dampak negative bagi diri saya. Contohnya, untuk membuat cerpen, saya biasanya menuangkan ide saya secara langsung saat komputer sedang ON, sehingga membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk saya berhadapan dengan komputer. Terlebih lagi novel, walau hanya dapat menyampahi 5 (lima) halaman dengan kata-kata, cukup menguras waktu (kebanyakan mikirnya) ☺. Sehingga, saya sering lupa waktu. Pernah, suatu kejadian, saya sampai tega membiarkan perut saya terus ‘main’ keroncongan, dari pukul 17.00 sampai jam 22.00 baru saya sudahi percakapan saya dengan komputer. Saat maag yang saya punya tengah memberontak barulah saya makan (Huuhhuuu.... waktu itu rasanya perut saya seperti dipelintir). Kejadian lainnya, sudah seminggu saya menanti film perdana yang akan diputar di layar kaca. Hari demi hari saya terus menanti tayangnya. Pas hari H, saya tidak jadi nonton. Sebabnya tak lain dan tak bukan adalah karena saya terlalu asik menyalurkan hobi saya pada komputer sambil mendengarkan musik. Wah... waktu itu saya menyesal bukan main. Yah..... itulah sepenggal kisah buruk saya yang disebabkan keasyikan saya terhadap komputer.

Lain cerita kalau saya sudah ke warnet (kebetulan di rumah tidak ada koneksi). Online sesuka hati sampai lupa waktu (terlebih kalau warnetnya murah dan tidak lemot). Waktu booming-nya friendster, hampir setiap hari saya ke warnet dan online. Comment sana-sini ataupun searching friend. Upload foto senarcis-narcisnya. Sampai irit jajan di sekolah hanya untuk online. Selain friendster, waktu itu juga asik-asiknya nge-LC. Chatting terus sampai bosan (sejujurnya tidak ada bosannya) ☺. Lain ceritanya sekarang, sampai sekarang, facebook masih merajai dunia ke-ONLINE-nan. Yah, walaupun Twitter juga sudah lumayan yang punya (saya belum, sign up gagal terus sih.....). Waktu yang saya luangkan untuk online tengah berkurang. Disebabkan jadual kuliah yang tidak memungkinkan untuk saya pergi ke warnet, dan juga kalau ingin OL harus confirm dahulu ke teman yang biasa chatt agar OL bareng. Dampak dari facebook sendiri pun terbilang banyak. Banyak negatifnya, namun tidak sedikit pula positifnya. Marilah kita tilik dulu dari segi negatif, karena berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian (Halah….! Apa sih??!!) ☺.
Negatifnya; Banyak Comment tidak penting yang hanya membuat kita terpancing meluangkan waktu untuk; ngomongin orang, ngelantur ngalor ngidul, dll. Tidak jarang pula ada yang request aneh-aneh (pic-nya fulgar). DLL.
Positifnya ; Kita bisa dapat informasi-informasi yang menurut kita menarik dari facebook. Contohnya iklan yang sering tampil. Dari pemasangan iklan pun kita bisa dapat uang lho... (saya sendiri belum pernah coba). Saya, bisa belajar bahasa negara luar (English saya yang sungguh amat teramat sangat amburadul, ataupun bahasa negara mereka sendiri) dari teman saya yang saya kenal di facebook yang berasal dari negara luar. Saya juga mendapat pengetahuan dan wawasan baru dari mereka. Dan yang satu ini, tentu lah semua juga tahu, dari facebook, saya bisa mendapatkan teman baru. Dari mereka lah saya dapat menambah wawasan saya.

Oke, rasanya cukup sekian pembahasan dari saya. Rasanya, jari ini masih ingin terus menari di atas keyboard. Tapi, mungkin saya akan menghabiskan banyak halaman untuk ini. Dan Ibu Anindyani ataupun pembaca bosan nantinya. Terima kasih atas kesempatan serta waktu luang yang diberikan untuk membaca artikel saya ini yang saya ajukan demi memenuhi tugas Pengantar Komputer 1C mengenai Dampak Komputer dan Aplikasinya bagi Users. Saya sangat mengharapkan kritik maupun saran yang membangun tentang tulisan ataupun kebiasaan saya ini dari pembaca sekalian. Terima kasih.



WINDY WIDYANINGSIH
25209109
1EB04

Tidak ada komentar:

Posting Komentar